Amanat Pancasila, Kita Punya Kewajiban Untuk Wujudkan Keadilan Sosial

Anggpta DPR/MPR RI Zulfan Lindan saat menyampaikan penjelasan di Acara Sosialisasi MPR RI tentang Empat Pilar Kebangsaan di Aceh Timur. Foto: SnAnggpta DPR/MPR RI Zulfan Lindan saat menyampaikan penjelasan di Acara Sosialisasi MPR RI tentang Empat Pilar Kebangsaan di Aceh Timur. Foto: Sn

 

Aceh,- Pancasila sebagai ideologi, dasar dan falsafah hidup dari bangsa dan negara Indonesia harus diwujudkan dan dijalankan dalam kehidupan masyarakat di Indonesia. Hal itu disampaikan Anggota DPR/MPR RI, Zulfan Lindan, dalam acara Sosialisasi MPR RI tentang Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, di Kabupaten Aceh Timur, Kamis (31/1/2019).

Zulfan yakin bahwa saat ini seluruh masyarakat Indonesia sudah pernah mendapat pemahaman tentang Pancasila, terutama saat sekolah. Masyarakat juga menghafalnya. Namun, menurutnya, yang paling penting adalah pelaksanaan dari Pancasila itu sendiri.

“Yang paling penting adalah pengamalannya, atau pelaksanaannya dalam kehidupan sehari-hari,” kata Ketua DPP Partai NasDem itu.

Menurutnya, nilai-nilai luhur yang terkandung di dalam Pancasila harus senantiasa diperjuangkan dan diupayakan agar dapat terus dan semakin hidup di tengah masyarakat. Misalnya, saling mengasihi, saling menyayangi, tidak melakukan diskiriminasi terhadap kelompok lain dan lain sebagainya. Sebagai warga negara Indonesia, kita wajib menciptakan dan menjaga persatuan Bangsa.

“Kita harus bisa bekerjasama untuk membangun dan memajukan bangsa ini, dengan siapapun, warga Negara Indonesia, tidak peduli apa agamanya, apa sukunya, dan seterusnya,” kata Zulfan.

Menurutnya, kita semua, warga Indonesia punya kewajiban untuk mewujudkan cita-cita yang ada di Pancasila. Termasuk soal Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia.

“Ini adalah cita-cita dari para pendiri bangsa, the founding fathers bangsa ini. Salah satu yang dicita-citakan adalah kemakmuran dan kesejahteraan yang dapat dinikmati oleh semua anak bangsa ini, bukan hanya oleh segelintir orang kaya, seperti yang saat ini terjadi. Saat ini, kesenjangan antara si kaya dan miskin di negeri ini sangat terasa. Ini tidak boleh terus terjadi. Kita semua punya kewajiban, untuk ikut memperjuangkan dan mewujudkan sila keadilan sosial ini. Ini amanat Pancasila,” pungkasnya. (Red-A3)

Share this...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest