Dewi Asmara : Masyarakat Harus Sadar Dampak Negatif Penyebaran Hoax

56742652_315804085752734_4003529743214313472_n

Jawa Barat,- Anggota DPR / MPR dari Fraksi Partai Golkar Hj. Dewi Asmara SH.MH meminta kepada masyarakat agar memahami dampak negatif yang bisa ditimbulkan oleh penyebaran berita hoax atau berita bohong seperti timbulnya perecahan di tengah masyarakat. Hal itu disampaikan Dewi Dalam acara sosialisasi MPR RI tentang Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, di Desa Cibolangkaler, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat (14/3/2019).

Dalam sosialisasi tersebut Dewi menerangkan bila kemajuan Teknologi Informasi ( Internet) yang saat bisa diakses dan dimanfaatkan oleh masyarakat dengan mudah bagai pisau bertama dua. bisa berdampak positif bila itu dipergunakan untuk hal-hal yang sifatnya memperluas informasi dan ilmu pengetahuan, tetapi juga bisa negatif bila itu dipergunakan untuk penyebaran berita-berita bihong atau hoax.

Hoax cepat menyebar karena tingkat literasi (kemampuan memahami dan mendekonstruksi) dari masyarakat Indonesia yang masih rendah terhadap informasi, media hingga media sosial. Sehingga gampang dipengaruhi dan percaya kepada berita hoax yang bombastis, lalu menyebarkannya tanpa verifikasi terlebih dahulu terhadap fakta-fakta yang ada.

Untuk itu masyarakat harus memiliki pengetahuan yang cukup dalam menggunakan teknologi informasi, dalam hal ini Media sosial ( Medsos ) agar tidak terkena dampak negatifnya, seperti berurusan dengan hukum karena melanggar Undang-Undang ITE ( Informasi dan transaksi Elektronik). Selain itu hoax pun  dapat menimbulkan provokasi  di tengah masayrakat yang dapat memicu keresahan sosial dan perpecahan .

“Masyarakat harus paham literasi media agar tidak mudah terpengaruh dan terprovokasi berita-berita hoax di media sosial dan Internet. Kita harus berhati-hati bila menerima berita-berita bombastis, jangan langsung menyebarkuaskannya tapi teliti dulu kebenarannya.” pungkas Dewi

Share this...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest