Konser Satu Piano Empat Tangan

Poster acara konser Resital Piano Empat Tangan. (Sumber: Jakarta Conservatory of Music)Poster acara konser Resital Piano Empat Tangan. (Sumber: Jakarta Conservatory of Music)

 

Jakarta, progresifnews.com, – Dua puluh tahun lalu tidak banyak profesi pianis di Indonesia. Nama-nama pianis yang aktif mengadakan konser dapat dihitung dengan jumlah jari. Keadaan tersebut sudah banyak berubah saat ini. Seiring dengan perkembangan kebudayaan, kegiatan konser juga semakin kerap diadakan. Sekarang, sosok pemusik, khususnya pianis, semakin banyak terlibat dalam konser-konser tersebut.

Bagi anda yang menyukai konser piano, tak ada salahnya untuk meluangkan waktu pada Sabtu depan (23/1/2016). Pasalnya, Jakarta Conservatory of Music akan mengadakan sebuah pertunjukan piano klasik oleh duo pianis antar generasi, yaitu Iswargia R. Sudarno dan Hazim R. Suhadi. Keduanya akan berduet bersama. Satu piano empat tangan. Karena itulah, konser ini mengusung judul “Resital Piano Empat-Tangan”.

Konser akan digelar mulai pukul 19.30 WIB di Istituto Italiano di Cultura, Jalan HOS Cokroaminoto No. 117 Menteng, Jakarta Pusat.

Untuk diketahui, Hazim Suhadi merupakan salah satu pianis yang cukup aktif di dunia musik klasik Indonesia saat ini. Ia tidak hanya kerap tampil dan bekerja sama dengan pemusik-pemusik kenamaan Indonesia, namun juga dengan pemusik Internasional yang datang ke Indonesia. Beberapa pemusik kenamaan Indonesia yang kerap berkolaborasi dengannya antara lain: dirigen Avip Priatna, soprano Bernadeta Astari, mezzo-soprano Heny Janawati, pemain celo Asep Hidayat dan masih banyak lagi.

Hazim baru saja dua tahun lalu kembali dari Amerika Serikat. Dia kembali setelah berhasil menyelesaikan pendidikan S2-nya di University of Wisconsin, di bawah bimbingan pianis kenamaan Christopher Taylor.

Sedangkan Iswargia Sudarno merupakan rekan senior Hazim. Keduanya adalah rekan kerja di Konservatorium Musik Jakarta. Iswargia adalah direktur Konservatorium Musik Jakarta yang juga aktif sebagai dirigen dan pendidik. Iswargia juga direktur musik dari Jakarta Sinfonietta dan Jakarta Conservatory Chamber Orchestra. Sebagai pendidik ia kerap memberikan master class dan menjadi juri kompetisi di berbagai kota besar di Indonesia dan Asia.

Dalam konsernya kali ini, mereka membagi program acara menjadi dua bagian. Babak pertama berisikan karya-karya komponis Jerman, yang menorehkan landasan solid dalam musik tradisi Barat, dan genre piano empat-tangan khususnya, yaitu Choral Prelude (J.S. Bach-Kurtag), Liebeslieder Walzer (J. Brahms), Duo (F. Mendelssohn). Babak kedua berisi karya-karya awal Abad 20, yaitu: Pupazzetti (A. Casella), Souvenirs (S. Barber).

Jika anda tertarik untuk datang, silahkan menghubungi Jakarta Conservatory of Music a.n. Fajry dengan nomor telepon: (021) 769 0470. (Red-A3).

Share this...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Be the first to comment on "Konser Satu Piano Empat Tangan"

Leave a comment