Kunjungan Anggota DPR ke Pesantren Terpadu Dayah Nurul Iman Cot Girek

Anggota DPR RI Zulfan Lindan (sebelah kanan). (Foto: Istimewa)Anggota DPR RI Zulfan Lindan (sebelah kanan). (Foto: Istimewa)

 

ACEH, progresifnews.com – Kegiatan reses Anggota DPR RI Zulfan Lindan terus berlanjut dengan mengunjungi Pesantren Terpadu Dayah Nurul Iman Cot Girek. Pesantren yang sudah berdiri sejak tahun 1980 an ini kini sudah berusia lebih dari 28 tahun. Telah banyak dai dan pengajar agama yang dilahirkan dari pesantren ini berkat hasil perjuangan Abu H Abdullah Hasan bersama guru-guru lainnya untuk membangun dayah dan mendidik anak-anak Aceh Utara. Area pesantren berdiri atas tanah wakaf 5000 meter persegi dari PTPN I Cot Girek.

Kepada Zulfan Lindan, Pimpinan Dayah Pesantren Terpadu Cot Girek Abu H. Abdullah Hasan, menyampaikan bahwa Ma’had Al-Islamiyah Nurul Iman Cot Girek bertujuan mendidik generasi muda menuju insan yang beriman dan bertaqwa kepada Allah, memiliki akhlak yang mulia, berilmu dan beramal shaleh, serta pewarna dan perekat umat. Menguasai Ad-Din Al-Islami secara baik dan benar, mampu memahami Kitab Kuning dan berbagai disiplin ilmu lainnya. Mampu berbahasa Arab dan Inggris secara aktif, mampu berkiprah secara baik di tengah-tengah masyarakat.

“Dan memiliki keterampilan pendidikan dan pengajaran (Attarbiyah Watta’lim), serta keterampilan lainnya. Pesantren yang bermisi Akhlakul Karimah Ahlussunnah Waljamaah, Ukuwah Islamiyah, Hubbulwathan dan Al-Ikhlas, ini sudah sangat dikenal di seluruh Aceh, bahkan di luar Aceh,” kata Abu H. Abdullah Hasan.

Untuk mendukung pengembangan pesantren ke depan, Abu H Abdullah Hasan memohon bantuan kepada Bapak Zulfan Lindan untuk didukung dalam program pembangunan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) untuk santri Nurul Iman.

Menanggapi hal tersebut, Zulfan menyampaikan bahwa Kementerian PU dan Perumahan Rakyat memiliki program untuk pembangunan Rusunawa bagi lembaga pendidikan yang berasrama. Bisa dicek pada kementerian tersebut, bagaimana sasaran bantuan pembangunan rumah susun, mekanisme bantuan dan proposal pengajuan.

“Saya lihat bantuan untuk Rusunawa ini baru terbatas di Jawa. Kita akan mendorong bantuan Rusunawa ini juga sampai ke Aceh, khususnya ke Pesantren Nurul Muridin,” ungkap Zulfan. (Red-A).

Share this...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Be the first to comment on "Kunjungan Anggota DPR ke Pesantren Terpadu Dayah Nurul Iman Cot Girek"

Leave a comment