Masyarakat Harus Pahami Hak-Haknya di Dalam Konstitusi

Anggota DPR/MPR RI, Taufiqulhadi dalam acara sosialisasi MPR di Desa Jombang, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Foto: JHAAnggota DPR/MPR RI, Taufiqulhadi dalam acara sosialisasi MPR di Desa Jombang, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Foto: JHA

 

Jawa Timur,- Undang Undang Dasar atau lazimnya dikenal istilah Konstitusi merupakan hukum dasar suatu negara, yang tidak hanya mengatur tentang penyelenggaraan negara, melainkan juga mengatur bagaimana negara mengakui dan melindungi hak-hak warga negara Indonesia. Hal itu dikatakan oleh Anggota DPR/MPR RI, Taufiqulhadi dalam acara sosialisasi MPR di Desa Jombang, Kabupaten Jember, Minggu (31/3/2019).

Di hadapan ratusan peserta sosialisasi, Taufiqulhadi menyampaikan pesan tentang urgensitas pemahaman Undang-Undang Dasar NRI Tahun 1945 bagi upaya perlindungan hak-hak rakyat Indonesia.

“Dengan memahami hak-haknya, maka masyarakat akan tumbuh menjadi masyarakat yang kritis, dinamis dan konstruktif, sehingga apabila terdapat kebijakan pemerintah yang melanggar hak-hak warga negaranya maupun hak asasi manusia, maka diharapakan rakyat dapat merespon kebijakan tersebut secara rasional dan konstitusional”, ujar Taufiqulhadi.

Menurut Dewan Pakar Partai NasDem tersebut, ketidakpahaman masyarakat terhadap UUD NRI Tahun 1945 setidaknya telah mengakibatkan masyarakat tumbuh dalam dinamika emosional dalam menyikapi potensi-potensi pelanggaran terhadap hak-hak setiap warga negara.

“Padahal kita tahu bersama bahwa kebijakan-kebijakan pemerintah yang melanggar hak-hak masyarakat tersebut, dapat diselesaikan, baik melalui judicial review oleh Mahkamah Konstitusi ataupun Mahkamah Agung dan legislative review melalui fungsi pengawasan yang ada di DPR”, ungkap Taufiqulhadi.

“Sayangnya tingkat keaktifan dan kesadaran masyarakat dalam melaporkan pelanggaran-pelanggaran terhadap hak-hak konstitusional kepada DPR masih relatif rendah”, lanjut dia. (Red-A3)

Share this...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest