TAFSIR BARU KEILMUAN KHAZANAH ISLAM NUSANTARA

Buku Tafsir Ijmali. (Sumber: M. Rikza Chamami).Buku Tafsir Ijmali. (Sumber: M. Rikza Chamami).

 

Resensi oleh: M. Rikza Chamami*

Judul

:

Tafsir Ijmali: Ringkas, Aktual dan Kontemporer

Penulis

:

Prof. Dr. Muhibbin, M.Ag

Penerbit

:

Fatawa Publishing

Tahun

:

2016

Halaman

:

x + 542

Tafsir sebagai ilmu bedah kandungan isi al-Qur’an memang sangat penting. Sebab pesan mulia kitab suci akan mampu dipahami secara baik, jika tafsir disajikan sesuai dengan kaidah ilmu tafsir. Sayangnya, selama ini ada anggapan bahwa tafsir sulit dipelajari. Karena itulah penulis buku ini mencoba menjawab persoalan itu dengan menghadirkan buku.

Buku Tafsir Ijmali ini adalah sebuah terobosan baru sebagai jawaban atas keilmuan tafsir yang semakin berkembang. Di buku ini, sebanyak 114 surat al-Qur’an disajikan penulis dengan ringan, global, padat dan enak dibaca. Sebuah upaya dari penulis untuk memudahkan masyarakat dalam memahami tafsir, yang menjadi ilmu inti dalam membedah isi al-Qur’an.

Hadirnya buku ini diharapkan dapat menambah khazanah keilmuan Nusantara dan memotivasi umat Islam agar senantiasa mengkaji kandungan surat al-Qur’an.

Buku ini dapat dikatakan menjadi kelanjutan dari sejarah panjang penulisan tafsir Nusantara, yang sudah dimulai sejak abad ke-15. Buku Tafsir Ijmali ini dapat menjadi jawaban atas problem-problem pemikiran yang saat ini tengah berkembang di masyarakat.

Dalam buku ini, salah satu surat terpanjang dalam al-Qur’an, yakni al-Baqarah (berisi 286 ayat, 6.221 kata dan 25.500 huruf) dikupas hanya lima halaman. Surat al-Kautsar yang disebut terpendek dalam al-Qur’an (yang terdiri dari tiga ayat) dielaborasikan menjadi lima halaman. Artinya, surat-surat yang ada di al-Qur’an diusahakan untuk dijelaskan secara ringkas. Dan ini yang menjadi identitas tafsir ijmali di era kontemporer ini.

Buku ini layak dibaca oleh para pecinta ilmu tafsir, akademisi, mahasiswa dan semua kalangan yang ingin tahu isi kandungan al-Qur’an. Pembaca akan terbantu untuk mencerna semua isi surat al-Qur’an hanya dengan membaca buku karya Prof. Muhibbin, yang saat ini menjabat sebagai Rektor UIN Walisongo Semarang ini.

*M. Rikza Chamami adalah Dosen UIN Walisongo Semarang.

Share this...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Share on LinkedInPin on Pinterest

Be the first to comment on "TAFSIR BARU KEILMUAN KHAZANAH ISLAM NUSANTARA"

Leave a comment